Senin, 25 Maret 2013

Cari Info Klaim ASKES

Berikut beberapa referensi dan pengalaman Pengguna ASKES untuk persalinan
  1. Untuk persalinan yang dilakukan di Pemberi Pelayanan Kesehatan yang tidak bekerjasama dengan PT ASKES, biaya persalinan dapat diajukan ke PT ASKES sebagai klaim perorangan. Dengan kata lain, jika persalinan anak Anda dilakukan di RSB tertentu yang tidak bekerjasama dengan PT ASKES, jangan khawatir, karena Anda dapat mengajukan klaim perorangan. Dengan demikian, dana ASKES yang telah anda bayarkan setiap bulan sebagai iuran dapat dinikmati oleh Anda dan Keluarga. Walaupun besarannya tidak 100%, namun bisa dibilang sangat membantu dalam kondisi-kondisi tertentu, misalnya saja jika terpaksa dilakukan operasi Caesar. Syarat-syarat yang harus dipenuhi dan disiapkan untuk mengajukan klaim perorangan tersebut (khusus klaim persalinan) antara lain: 1. Fotokopi resume medis 2. Kwitansi asli (bermeterai) dengan perincian biaya dan obat 3. Fotokopi kartu peserta 4. Formulir pengajuan klaim 5. Fotokopi surat keterangan lahir/akte lahir Fotokopi resume medis, kwitansi dan surat keterangan lahir bisa diperoleh dari Rumah Sakit Bersalin atau tempat pelayanan kesehatan yang melayani persalinan Anda. Sedangkan formulir pengajuan klaim dapat diminta di pusat pelayanan askes terdekat. PIhak yang akan mengisi formuliar adalah petugas Askes, kita hanya menyiapkan materai dan tanda tangan pada form yang bersangkutan, serta fotokopi beberapa surat pendukung. Setelah semua persyaratan diserahkan ke pusat pelayanan askes, tinggal menunggu kurang lebih 2 minggu untuk pencairan dananya. Adapun besarnya klaim tergantung persetujuan dari ASKES. Sebagai gambaran, untuk biaya persalinan dengan operasi Caesar yang menelan dana 8 juta, klaim yang diluluskan sebesar 2.3 juta
  2.  Komponen biaya adalah sesuatu yang juga sangat penting dalam persalinan, walaupun tentu ada komponen persalinan lain yang lebih penting. semisal posisi janin atau tensi darah dari si ibu. Meskipun begitu, bagi anda yang menjadi peserta asuransi kesehatan (Askes) maka masalah biaya akan sedikit terbantu karena melalui PT Askes biaya persalinan anda bisa di klaimkan. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus anda penuhi agar klaim Askes anda tidak ditolak. Rincian biaya persalinan dari PT Askes (di tandatangani oleh ibu yang melahirkan)2. Kutansi tanda terima uang dari PT Askes yang di tandatangani oleh ibu yang melahirkan di atas materai Rp 6.000,- 3. Kuitansi biaya persalinan dari bidan (asli) 4. Nota rincian biaya persalinan dari bidan (asli) 5. Surat keterangan lahir/ Akte lahir 6. Foto copy Kartu Askes suami (1 lembar) 7. Foto copy Kartu Askes isteri (1 lembar) 8. Foto copy KTP Temanggung terbaru suami (1 lembar) 9. Foto copy KTP Temanggung terbaru isteri (1 lembar) 10.Foto copy Kartu Keluarga (1 lembar) 11.Foto copy surat nikah (1 lembar) 12.Materai Rp 6.000,- ( ditempel di kuitansi tanda terima uang dari PT Askes) Catatan : Klaim yang dibayar oleh PT Askes hanya untuk 2 (dua) persalinan dari anak yang lahir hidup. Jumlah dana yang dicairkan tidak selalu sesuai yang diklaimkan, akan tetapi sesuai dengan yang disetujui oleh PT Askes. Alamat PT Askes Temanggung : Jln Jurang Temanggung (sebelah utara RSUD Djojonegoro Temanggung)
  3. pengen share pengalaman ngurus klaim askes ketika melahirkan kemarin, semoga berguna bagi para pembaca..
berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu seperti pengurusan emergency persalinan di RSU yang lebih panjang, dimana pasien dari UGD, dirujuk ke poliklinik kandungan, kemudian baru dirujuk ke dokter yang bersangkutan..akhirnya kami sepakat melahirkan di RS Bersalin saja. Nah, biasanya rumah sakit bersalin swasta tidak bekerjasama dengan Askes, sehingga untuk mengajukan penggantian kita perlu mengajukan klaim reimburse kepada PT Askes.
oiya, mungkin perlu diketahui persalinan termasuk tindakan emergency atau UGD sehingga tidak perlu ada rujukan dari puskesmas atau dokter keluarga.
Adapun syarat-syarat pengajuannya sebagai berikut:
  1. Kartu askes asli dan fotokopi
  2. KTP asli dan fotokopi
  3. kuitansi bermaterai dan rincian biaya asli
  4. surat keterangan emergency atau resume medis dari RS (apabila caesar, harus ada keterangan dilakukannya operasi caesar)
  5. hasil lab atau penunjang lain (rontgen, scan,dll)
  6. fotokopi KK
  7. fotokopi buku nikah
  8. fotokopi akte lahir atau surat keterangan lahir
  9. mengisi formulir pengajuan klaim (diperoleh di Kantor Askes)
  10. Surat permohonan klaim kepada PT Askes yang memuat kronologis penyakit (di KCU Semarang sudah ada formnya, untuk KCU yang lain terkadang pasien membuat sendiri)
  11. fotokopi buku tabungan yang ada no. rekeningnya, agar klaim bisa ditransfer
  12. fotokopi kartu askes suami, bila suami adalah PNS
Jangan malas mengurus klaim ini ya, apalagi sampai nyuruh2 atau bayar orang segala. tadinya saya juga menyangka pengurusan klaim akan ribet dan dipersulit. Tapi ternyata saya salah, Cukup sekali datang, sepanjang persyaratan lengkap, tidak akan ada masalah. Klaim yang dijanjikan cair 2 minggu, ternyata dalam waktu seminggu sudah masuk ke rekening saya.
Ada baiknya untuk menyiapkan surat2 ini sebelum proses kelahiran. dan jangan lupa meminta resume medis dan kuitansi bermaterai dari RS ya. Pengalaman saya di KCU Askes Semarang, untuk operasi caesar bisa cair sampai 3 jutaan. namun, mungkin besarnya klaim bervariasi tergantung golongan dan tindakan yang dihitung.


sekian ya sharing nya, saya cuplik dari beberapa blog

1 komentar:

  1. saya telah menghabiskan biaya pngobatan 1.970.000, tapi kecewa hanya dibayar klaim dr Akes cm 180 rb.
    jadi sepertinya percuma.

    BalasHapus